Landasan 3. Mengenal Nabi: Periode Makiyah dan
Seruan utamanya
Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan
peringatan untuk menjauhi syirik dan mengajak kepada tauhid. Firman Allah
ta’ala:
“Wahai orang yang berkemul (berselimut)! Bangunlah,
lalu sampaikanlah peringatan. Dan Tuhanmu agungkanlah. Dan pakaianmu
bersihkanlah. Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah. Dan
janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.
Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu bersabarlah.” (QS. Al-Mudatstsir:1- 7).
Pengertian: “Sampaikanlah peringatan”, ialah:
menyampaikan peringatan untuk menjauhi syirik dan mengajak kepada tauhid.
“Tuhanmu Agungkanlah”: agungkanlah Ia dengan berserah diri dan beribadah
kepada-Nya semata. “Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah”,
artinya: jauhkan serta bebaskan dirimu darinya dan orang-orang yang memujanya.
Beliaupun melaksanakan perintah ini dengan tekun
dan gigih selama sepuluh tahun, mengajak kepada tauhid. Setelah sepuluh tahun
itu, beliau dimi’rajkan (diangkat naik) ke atas langit dan disyari’atkan kepada
beliau shalat lima waktu. Beliau melakukan shalat di Makkah selama tiga tahun.
Kemudian, sesudah itu, beliau diperintahkan utuk berhijrah ke Madinah.
Syarah dari Syaikh Muhammad bin Shalih
AlUtsaimin
[Tugas Nabi Muhammad ]
Memperingatkan mereka dari perbuatan syirik. Serta
menyeru mereka untuk mentauhidkan Alloh dalah rububiyah-Nya, Uluhiyah-Nya,
serta asma dan sifat-sifatNya.
[Bangunlah]
Panggilan yang ditujukan kepada Rosululloh
shallallahu 'alaihi wassalam
[Berilah peringatan]
Alloh 'azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya agar
bangkit dengan kesungguhan dan semangat untuk memperingatkan manusia dari
perbuatan syirik serta menyuruh mereka agar waspada dari perbuatan syirik itu.
Syaikh Muhammad bin `Abdul Wahhab sendiri telah menafsirkan ayat-ayat ini.
[Seruan 10 tahun pertama]
Maksudnya Nabi shallallahu 'alaihi wassalam tinggal
selama sepuluh tahun menyeru untuk mentauhidkan Alloh 'azza wa jalla,
memperuntukan ibadah hanya kepadaNya.
[Isra Mi'raj]
Maksudnya adalah diangkatnya atau dinaikkan ke
langit. Contoh dari arti kata mi'roj ini adalah firman Alloh Ta'ala
“Para malaikat dan malikat Ruh (jibril) melakukan
mi'roj (naik) kedapa-Nya" (Al-Ma'arij: 4)
Mi'roj ini merupakan salah satu kekhususan Nabi
yang amat agung, Alloh telah mengutamakan beliau dengan mi'roj sebelum beliau
hijrah dari Mekah. Kisahnya, ketika beliau tidur diatas sebuah batu di Ka'bah,
datanglah malaikat kepada beliau. Lalu, malaikat itu pun membelah tubuh nabi
antara lubang leher hingga bawah perut, kemudian mengeluarkan hati beliau untuk
diisi dengan hikmah dan keimanan sebagai persiapan menghadapi apa yang akan
diemban oleh beliau selanjutnya.
Malaikat mendatangkan hewan tunggangan berwarna
putih, lebih kecil dari baghol namun lebih besar dari keledai, yang dinamakan
Buroq. Langkahnya sejauh mata memandang. Beliau menaikinya dengan ditemani oleh
Jibril yang terpecaya itu sehingga sampai di Baitul Maqdis. Beliau singgah di
sana dan melakukan sholat bersama para nabi, di mana beliau yang bertindak
sebagai imam, sementara para nabi dan rosul lainnya sholat di belakang beliau.
Ini menjadi bukti akan kemuliaan dan keutamaan beliau, dan bukti bahwa beliau
adalah seorang imam (pemimpin) yang diikuti.
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan (membawa naik)
beliau ke langit dunia, maka dibukakanlah langit dan ditanyakan, “siapa ini?”
Jibril menjawab, “ini Jibril” ditanyakan lagi, “Siapa yang menyertaimu?”. Ia
menjawab, “Muhammad”. Ditanyakan lagi “Apakah ia telah diangkat menjadi rosul?”
Jibril menjawab, “Ya”. Lalu dikatakan lagi, “Selamat datang dengannya, maka ini
adalah sebaik-baik kedatangan”. Beliau datang, lalu dibukakanlah pintu langit
ini sehingga beliau mendapatkan Adam as. Jibril berkata, “Ini adalah bapakmu,
Adam. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau mengucapkan salam kepada Adam, dan
Adam membalasnya seraya mengatakan “Selamat datang, hai anak sholih dan (juga)
nabi yang sholih!” Ternyata di sebelah kanan Nabi Adam terdapat ruh orang-orang
yang bahagia, sedangkan di sebelah kirinya terdapat ruh orangorang yang
sengsara dari anak turunan Adam. Jika melihat ke kanan, ia pun gembira dan
tertawa. Sebaliknya, jika melihat ke kiri, maka ia pun menangis.
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit
kedua. Di situ, beliau menemukan Yahya dan Isa as yang merupakan dua saudara
sepupu; masing-masing dari keduanya merupakan putra dari bibi salah satunya.
Jibril berkata, ini adalah Yahya dan Isa, maka ucapkanlah salam kepada
keduanya, dan keduanya pun membalasnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara
yang sholih dan nabi yang sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit
ketiga. Di situ beliau bertemu Yusuf as. Jibril berkata, “ini adalah Yusuf.
Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun memberikan salam kepadanya, dan ia pun
menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan nabi yang
sholih!”
Kemudian Jibril memi'rojkan beliau ke langit
keempat. Di situ beliau dapatkan Idris. Jibril berkata, “ini adalah Idris.
Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun memberikan salam kepadanya, dan ia pun
menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang saudara yang sholih dan nabi yang
sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit
kelima. Di situ beliau mendapatkan Harun bin 'Imron, saudaranya Musa. Jibril
berkata, “Ini adalah Harun. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun salam
kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang
sholih dan nabi yang sholih”.
Yang selanjutnya Jibril memi'rojkan ke langit
keenam beliau mendapatkan Musa. Jibril berkata, “ini adalah Musa Ucapkanlah
salam kepadanya!” Beliau pun mengucapkan salam kepadanya, dan ia pun
menjawabnya seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan nabi yang
sholih!” Ketika beliau telah meninggalkan Musa, maka Musa pun menangis.
Ditanyakanlah kepadanya, apa yang menyebabkannya menangis. Ia menjawab, “Aku
menangis karena seorang anak manusia diutus sepeninggalku, di mana umatnya yang
masuk surga lebih banyak daripada umatku!” Menangisnya Musa adalah karena sedih
atas keutamaan-utamaan yang luput dari umatnya, bukan karena keirian (hasad)
terhadap umat Muhammad.
Selanjutnya, Jibril membawanya beliau mi'roj ke
langit ketujuh. Di situ beliau mendapatkan Ibrohim Kholilulloh. Jibril berkata,
“Ini adalah ayahmu, Ibrohim. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun
mengucapkan salam kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata, “Selamat
datang, anak yang sholih dan nabi sholih!” Jibril membawa keliling Rasul ke nabi-nabi
tersebut adalah sebagai penghormatan kepada beliau, dan juga untuk menampakkan
kemualiaan dan keutamaan beliau. Ibrohim Al-Kholil ketika itu menyandarkan
punggungnya ke Baitul Ma'mur di langit ketujuh, di mana setiap harinya terdapat
tujuh puluh ribu malaikat yang masuk ke Baitul Ma'mur itu untuk melakukan
ibadah dan sholat. Setelah itu semua keluar, dan tidak akan kembali pada hair
berikutnya. Pada hari selanjutnya sakan ada lagi malaikat-malaikat selain
mereka yang memasuki Baitul Ma'mur, di mana hanya Alloh saja yang dapta
menghitung jumlah mereka.
Selanjutnya, beliau diangkat ke Sidrotul Muntaha
yang dihiasi oleh Alloh dengan keelokan dan keindahan yang tidak akan dapat
diilustrasikan oleh seorang pun yang mengenai keelokannya itu. Kemudian, Alloh
memfardukan kepada beliau sholat lima puluh kali dalam sehari semalam, dan
beliau pun rela dan menerimanya. Setelah itu beliau turun. Ketika beliau
bertemu Musa kembali, Musa bertanya kepadanya, “apa yang telah difardukan oleh
Robbmu atas umatmu?” Beliau menjawab, “Lima puluh (kali) sholat setiap hari”
Musa berkata, “Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup menunaikannya. Aku sudah
mencobakannya terhadap manusia sebelum kamu dan melakukan tetapi terhadap Bani
Isroil semaksimal mungkin. Karena itu, kembalilah kepada Robbmu dan mintalah
keringanan kepada-Nya buat umatmu!” Nabi berkata, “Akhirnya, aku pun kembali
menghadap Robbku, sehingga akhirnya Dia membebankan kepadaku hanya sepuluh kali
saja “. Dan beliau masih terus kembali meminta keringanan kapada Robbnya
sehingga akhirnya, ditetapkan sholat fardhu yang lima itu. Alloh berfirman,
“Telah akau berlakukan kefardhuanKu dan telah aku peringan atas hamba-hambaKu”.
Pada malam itu juga, Nabi shallallahu 'alaihi
wassalam dimasukkan ke dalam surga. Di dalamnya terdapatr kubah mutiara dan
tanahnya, adalah misk (kasturi). Kemudian Rosululloh shallallahu 'alaihi
wassalam turun (ke bumi), dan tiba di Mekah kembali ketika masih petang
remang-remang, dan kemudian menunaikan sholat Subuh.
[Shalat masa makiyah selama
3 tahun]
Beliau ketika itu menunaikan sholat ruba'iyah
(berokat empat) dengan hanya dua rokaat saja hingga beliau berhijrah ke
Madinah. Setelah hijrah, dua rokaat itu ditetapkan sebagai jumlah rokaat ketika
safar, sementara ketika tidak safar rokaatnya ditambahkan (menjadi empat
rokaat).
[Hijrah ke Madinah]
Alloh 'azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya,
Muhammad shallallahu 'alaihi wassalam untuk hijrah ke Madinah, karena
orang-orang Mekah menghalangi beliau melakukan dakwah, pada bulan Robi'ul Awwal
tahun ke 13 dari kenabian.
Nabi tiba di kota Madinah sebagai seorang muhajir
(orang yang hijrah, pendatang) dari Mekah yang merupakan negeri pertama yang
turun wahyu (untuk beliau) dan negeri yang dicintai oleh Alloh dan RosulNya.
Beliau keluar dari Mekah sebagai muhajir dengan izin Robbnya, setelah
sebelumnya tinggal di Mekah selama tiga belas tahun menyampaikan risalah
Robbnya dan menyeru kepada-Nya berdasarkan bashirah (Visi, keyakinan, dan ilmu;
hujah yang nyata). Beliau tidak mendapatkan sesuatu dari kebanyakan kaum
Quroisy dan pembesar-pembesar mereka melainkan penolakan terhadap dakwah serta
keberpalingan darinya, di samping tindakan mereka yang sangat menyakitkan
terhadap Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam dan terhadap siapa saja yang
beriman pada beliau. Sampai-sampai mereka melakukan langkah dan tipu daya untuk
membunuh Nabi shallallahu 'alaihi wassalam. Ini diawali dengan temuan yan
diadakan oelh para pembesar mereka yang hendak mereka lakukan terhadap
Rosululloh, tatkala mereka melihat para sahabat belikau berhijrah ke Madinah.
Dan beliau ikut bersama mereka (para sahabat) itu untuk mendapatkan pertolongan
dan bantuan dari kaum Anshor yang memang telah membaiat beliau untuk memberikan
perlindungan kepada beliau sebagaimana memberikan perlindungan kepada anak-anak
dan wanitawanita mereka. Mulai saat itu pula, beliau mempunyai daulah
(pemerintahan) untuk menghadapi kaum Quroisy. Maka si musuh Abu Jahal
mengedepankan gagasan dengan mengatakan, “kita harus mengambil dari setiap
kabilah seorang pemuda yang perkasa, kemudian masingmasing kita beri pedang
yang tajam agar mereka mencari Muhammad untuk menebasnya dengan pedang itu dan
membunuhnya, sehingga Bani 'Abdi Manaf (keluarga besar Nabi shallallahu 'alaihi
wassalam) tidak akan bisa memerangi kaum mereka, namun justru akan setuju
menerima diyat (denda ganti rugi atas kematian Muhammad) dan kita berikan diyat
itu kepadanya.”
Namun Alloh memberitahukan kepada Nabi-Nya
shallallahu 'alaihi wassalam tentang apa yang diinginkan oleh orang-orang
musyrik itu dan mengizinkan beliau untuk berhijrah. Abu Bakar sejak sebelumnya
bahkan telah bersiap-siap untuk hijrah, namun Nabi shallallahu 'alaihi wassalam
selalu berkata kepadanya “Perlahanlah!, Aku berharap kiranya aku mendapat izin
(dari Alloh).” Akhirnya Abu Bakar sengaja tertinggal untuk menemani Nabi
shallallahu 'alaihi wassalam. Aisyah bercerita “Tatkala kami sedang berada di
rumah Abu Bakar di pertengahan siang, tiba-tiba Rosululloh shallallahu 'alaihi
wassalam berada di depan pintu dengan mengenakan cadar. Abu Bakar berkata,
“Untuk beliau, Ayah dan ibuku adalah sebagai tebusannya. Demi Alloh, tiadalah
yang beliau bawa saat ini melainkan 'perintah'”. Nabi pun masuk ke dalam rumah
dan berkata kepada Abu Bakar, “Aku akan keluar (hijrah) dari tempatmu ini”, Abu
Bakar berkata, “Demi ayahku, engkau dan ibuku, mereka (kaum Quroisy) adalah
keluarga engkau sendiri”. Nabi shallallahu 'alaihi wassalam berkata, “Aku telah
diizinkan keluar”. Abu Bakar lantas berkata, “Perlu ditemani, ya Rosululloh?”
Beliau menjawab, “Ya!” Abu Bakar berkata, “Ya Rosululloh, ambillah salah satu
dari kedua unta tungganganku ini”. Nabi shallallahu 'alaihi wassalam berkata,
“Ya, tapi saya beli saja!”
Kemudian Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam
dan Abu Bakar keluar, lalu tinggal di Gua Jabal Tsur selama tiga malam. Ikut
pula menginap di situ mendampingi keduanya, 'Abdullah bin Abu Bakar. Dia adalah
seorang pemuda yang brilian dan penuh perhatian. Pada penghujung malam, ia
berangkat kembali ke Mekah sehingga pada pagi harinya ia sudah berada di
tengahtengah kaum Quroisy. Tak satu pun berita tentang Nabi shallallahu 'alaihi
wassalam dan sahabat beliau (yang dibicarakan oleh mereka) yang luput dari
rekamannya. Kemudian beritu itu ia bawa kepada keduanya ketika hari telah mulai
gelap. Kaum Quroisy mulai mencari-cari Nabi shallallahu 'alaihi wassalam dari
segala arah dan berupaya keras, segala sarana untuk mendapatkan Nabi
shallallahu 'alaihi wassalam, sampai-sampai mereka membuat sayembara bagi siapa
saja yang bisa membawa keduanya (Nabi dan Abu Bakar), atau membawa salah
seorang darinya, akan menerima imbalan seratus ekor unta. Akan tetapi, Alloh
menyertai dan menjaga keduanya, dengan memberikan perhatian dan penjagaan
secara langsung. Sehingga ketika orang-orang Quroisy telah berada di depan pintu
gua itu, mereka tidak melihat keduanya. Abu Bakar bercerita : Aku berkata
kepada Nabi shallallahu 'alaihi wassalam ketika kami di dalam gua itu,
“Seandainya salah seorang saja dari mereka memandang kedua telapak kakinya,
tentu ia akan melihat kita”. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wassalam pun
bersabda :
“Janganlah bersedih! Sesungguhnya Alloh menyertai
kita. Apa pikirmu, wahai Abu Bakar, tentang dua orang, di mana yang ketiganya
adalah Alloh!”. (HR. Bukhari dalam Kitab Fadhail Shahabah, HR. Muslim dalam Kitab
Fadhail Shahabah)
Sehingga ketika pencarian terhada keduanya
diistirahatkan sebentar, keduanya pun keluar dari gua itu menuju Madinah
melalui jalan tepi, setelah tinggal tiga malam di gua itu.
Ketika orang-orang yang berada di Madinah, baik
dari kalangan Muhajirin maupun Anshor, mendengar keluarnya Rosululloh
shallallahu 'alaihi wassalam menuju tempat mereka, maka mereka pun setiap pagi
keluar menuju tempat berbatu untuk menanti kedatangan Rosululloh bersama
seorang sahabatnya sampai mereka diusir oleh terik matahari. Pada hari tibanya
Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam sementara hari sudah sangat siang dan
panasnya luar biasa, mereka yang menantinanti itu telah pulang ke rumah mereka
masing-masing. Ternyata salah seorang dari bangsa Yahudi naik pada salah satu
benteng kota Madinah untuk keperluan, dan akhirnya ia melihat Rosululloh
shallallahu 'alaihi wassalam dan sahabatnya datang yang lenyap (tak terlihat)
karena fatamorgana. Orang Yahudi ini tidak kuasa menahan untuk memanggil dengan
teriakan suaranya setinggi-tingginya, “Wahai sekalian bangsa Arab! Inilah
keberuntungan dan kemuliaan kalian (Muhammad) yang kalian tunggu-tunggu!” Maka
kaum muslimin pun bergegas untuk menemui (menyambut kedatangan) Rosululloh
dengan membawa senjata, sebagai ta'zhim dan penghormatan kepada Rosululloh,
serta pernyataan atau tanda kesiapan mereka untuk berjihad dan membela beliau.
Akhirnya mereka bertemu dengan beliau di atas tanah berbatu hitam, lalu beliau
berhenti dan singgah di Bani 'Amru bin 'Auf, di beberapa malam, dan beliau pun
berhasil membangun masjid. Selanjutnya beliau melanjutkan perjalanan ke Madinah
dengan disertai sahabat-sahabat tersebut, dan yang lainnya menemui beliau di
jalanan (untuk ikut menyertai beliau). Abu Bakar mengisahkan, “ketika kami tiba
di Madinah, orang-orang tua, anak-anak maupun para pembantu. Mereka
mengucapkan, “Allohu Akbar, (Alloh Maha Besar), Rosululloh telah datang! Allohu
Akbar, Muhammad telah datang!”
Landasan 3. Mengenal Nabi: Periode Makiyah dan Seruan utamanya
Reviewed by suqamuslim
on
16.06
Rating:
Tidak ada komentar: