Landasan 3. Mengenal Nabi: Periode
Makiyah dan Seruan utamanya
Beliau diutus oleh Allah untuk menyampaikan peringatan
untuk menjauhi syirik dan mengajak kepada tauhid.
Firman Allah ta’ala:
“Wahai orang yang berkemul (berselimut)! Bangunlah,
lalu sampaikanlah peringatan. Dan Tuhanmu
agungkanlah. Dan pakaianmu bersihkanlah. Dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah. Dan
janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh
(balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi
perintah) Tuhanmu bersabarlah.” (QS. Al-Mudatstsir:1-
7).
Pengertian: “Sampaikanlah peringatan”, ialah:
menyampaikan peringatan untuk menjauhi syirik dan
mengajak kepada tauhid. “Tuhanmu Agungkanlah”:
agungkanlah Ia dengan berserah diri dan beribadah
kepada-Nya semata. “Dan perbuatan dosa (menyembah
berhala) tinggalkanlah”, artinya: jauhkan serta bebaskan
dirimu darinya dan orang-orang yang memujanya.
Beliaupun melaksanakan perintah ini dengan tekun dan
gigih selama sepuluh tahun, mengajak kepada tauhid.
Setelah sepuluh tahun itu, beliau dimi’rajkan (diangkat
naik) ke atas langit dan disyari’atkan kepada beliau shalat
lima waktu. Beliau melakukan shalat di Makkah selama
tiga tahun. Kemudian, sesudah itu, beliau diperintahkan
utuk berhijrah ke Madinah.
Syarah dari Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin
[Tugas Nabi Muhammad ]
Memperingatkan mereka dari perbuatan syirik. Serta
menyeru mereka untuk mentauhidkan Alloh dalah
rububiyah-Nya, Uluhiyah-Nya, serta asma dan sifat-sifatNya.
[Bangunlah]
Panggilan yang ditujukan kepada Rosululloh shallallahu
'alaihi wassalam
[Berilah peringatan]
Alloh 'azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya agar
bangkit dengan kesungguhan dan semangat untuk
memperingatkan manusia dari perbuatan syirik serta
menyuruh mereka agar waspada dari perbuatan syirik itu.
Syaikh Muhammad bin `Abdul Wahhab sendiri telah
menafsirkan ayat-ayat ini.
[Seruan 10 tahun pertama]
Maksudnya Nabi shallallahu 'alaihi wassalam tinggal
selama sepuluh tahun menyeru untuk mentauhidkan
Alloh 'azza wa jalla, memperuntukan ibadah hanya
kepadaNya.
[Isra Mi'raj]
Maksudnya adalah diangkatnya atau dinaikkan ke langit.
Contoh dari arti kata mi'roj ini adalah firman Alloh Ta'ala
“Para malaikat dan malikat Ruh (jibril) melakukan mi'roj
(naik) kedapa-Nya" (Al-Ma'arij: 4)
Mi'roj ini merupakan salah satu kekhususan Nabi yang
amat agung, Alloh telah mengutamakan beliau dengan
mi'roj sebelum beliau hijrah dari Mekah. Kisahnya,
ketika beliau tidur diatas sebuah batu di Ka'bah,
datanglah malaikat kepada beliau. Lalu, malaikat itu pun
membelah tubuh nabi antara lubang leher hingga bawah perut, kemudian mengeluarkan hati beliau untuk diisi
dengan hikmah dan keimanan sebagai persiapan
menghadapi apa yang akan diemban oleh beliau
selanjutnya.
Malaikat mendatangkan hewan tunggangan berwarna
putih, lebih kecil dari baghol namun lebih besar dari
keledai, yang dinamakan Buroq. Langkahnya sejauh
mata memandang. Beliau menaikinya dengan ditemani
oleh Jibril yang terpecaya itu sehingga sampai di Baitul
Maqdis. Beliau singgah di sana dan melakukan sholat
bersama para nabi, di mana beliau yang bertindak sebagai
imam, sementara para nabi dan rosul lainnya sholat di
belakang beliau. Ini menjadi bukti akan kemuliaan dan
keutamaan beliau, dan bukti bahwa beliau adalah seorang
imam (pemimpin) yang diikuti.
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan (membawa naik) beliau
ke langit dunia, maka dibukakanlah langit dan
ditanyakan, “siapa ini?” Jibril menjawab, “ini Jibril”
ditanyakan lagi, “Siapa yang menyertaimu?”. Ia
menjawab, “Muhammad”. Ditanyakan lagi “Apakah ia
telah diangkat menjadi rosul?” Jibril menjawab, “Ya”.
Lalu dikatakan lagi, “Selamat datang dengannya, maka
ini adalah sebaik-baik kedatangan”. Beliau datang, lalu
dibukakanlah pintu langit ini sehingga beliau
mendapatkan Adam as. Jibril berkata, “Ini adalah
bapakmu, Adam. Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau
mengucapkan salam kepada Adam, dan Adam
membalasnya seraya mengatakan “Selamat datang, hai
anak sholih dan (juga) nabi yang sholih!” Ternyata di sebelah kanan Nabi Adam terdapat ruh orang-orang yang
bahagia, sedangkan di sebelah kirinya terdapat ruh orangorang
yang sengsara dari anak turunan Adam. Jika
melihat ke kanan, ia pun gembira dan tertawa.
Sebaliknya, jika melihat ke kiri, maka ia pun menangis.
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit kedua. Di
situ, beliau menemukan Yahya dan Isa as yang
merupakan dua saudara sepupu; masing-masing dari
keduanya merupakan putra dari bibi salah satunya. Jibril
berkata, ini adalah Yahya dan Isa, maka ucapkanlah
salam kepada keduanya, dan keduanya pun membalasnya
seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan
nabi yang sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit ketiga. Di
situ beliau bertemu Yusuf as. Jibril berkata, “ini adalah
Yusuf. Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun
memberikan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya
seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan
nabi yang sholih!”
Kemudian Jibril memi'rojkan beliau ke langit keempat.
Di situ beliau dapatkan Idris. Jibril berkata, “ini adalah
Idris. Ucapkanlah salam kepadanya!” beliau pun
memberikan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya
seraya berkata, “Selamat datang saudara yang sholih
dan nabi yang sholih!”
Selanjutnya, Jibril memi'rojkan beliau ke langit kelima.
Di situ beliau mendapatkan Harun bin 'Imron, saudaranya Musa. Jibril berkata, “Ini adalah Harun.
Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun salam
kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata,
“Selamat datang, saudara yang sholih dan nabi yang
sholih”.
Yang selanjutnya Jibril memi'rojkan ke langit keenam
beliau mendapatkan Musa. Jibril berkata, “ini adalah
Musa Ucapkanlah salam kepadanya!” Beliau pun
mengucapkan salam kepadanya, dan ia pun menjawabnya
seraya berkata, “Selamat datang, saudara yang sholih dan
nabi yang sholih!” Ketika beliau telah meninggalkan
Musa, maka Musa pun menangis. Ditanyakanlah
kepadanya, apa yang menyebabkannya menangis. Ia
menjawab, “Aku menangis karena seorang anak manusia
diutus sepeninggalku, di mana umatnya yang masuk
surga lebih banyak daripada umatku!” Menangisnya
Musa adalah karena sedih atas keutamaan-utamaan yang
luput dari umatnya, bukan karena keirian (hasad)
terhadap umat Muhammad.
Selanjutnya, Jibril membawanya beliau mi'roj ke langit
ketujuh. Di situ beliau mendapatkan Ibrohim Kholilulloh.
Jibril berkata, “Ini adalah ayahmu, Ibrohim. Ucapkanlah
salam kepadanya!” Beliau pun mengucapkan salam
kepadanya, dan ia pun membalasnya seraya berkata,
“Selamat datang, anak yang sholih dan nabi sholih!”
Jibril membawa keliling Rasul ke nabi-nabi tersebut
adalah sebagai penghormatan kepada beliau, dan juga
untuk menampakkan kemualiaan dan keutamaan beliau.
Ibrohim Al-Kholil ketika itu menyandarkan punggungnya ke Baitul Ma'mur di langit ketujuh, di
mana setiap harinya terdapat tujuh puluh ribu malaikat
yang masuk ke Baitul Ma'mur itu untuk melakukan
ibadah dan sholat. Setelah itu semua keluar, dan tidak
akan kembali pada hair berikutnya. Pada hari selanjutnya
sakan ada lagi malaikat-malaikat selain mereka yang
memasuki Baitul Ma'mur, di mana hanya Alloh saja yang
dapta menghitung jumlah mereka.
Selanjutnya, beliau diangkat ke Sidrotul Muntaha yang
dihiasi oleh Alloh dengan keelokan dan keindahan yang
tidak akan dapat diilustrasikan oleh seorang pun yang
mengenai keelokannya itu. Kemudian, Alloh
memfardukan kepada beliau sholat lima puluh kali dalam
sehari semalam, dan beliau pun rela dan menerimanya.
Setelah itu beliau turun. Ketika beliau bertemu Musa
kembali, Musa bertanya kepadanya, “apa yang telah
difardukan oleh Robbmu atas umatmu?” Beliau
menjawab, “Lima puluh (kali) sholat setiap hari” Musa
berkata, “Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup
menunaikannya. Aku sudah mencobakannya terhadap
manusia sebelum kamu dan melakukan tetapi terhadap
Bani Isroil semaksimal mungkin. Karena itu, kembalilah
kepada Robbmu dan mintalah keringanan kepada-Nya
buat umatmu!” Nabi berkata, “Akhirnya, aku pun
kembali menghadap Robbku, sehingga akhirnya Dia
membebankan kepadaku hanya sepuluh kali saja “. Dan
beliau masih terus kembali meminta keringanan kapada
Robbnya sehingga akhirnya, ditetapkan sholat fardhu
yang lima itu. Alloh berfirman, “Telah akau berlakukan kefardhuanKu dan telah aku peringan atas hamba-hambaKu”.
Pada malam itu juga, Nabi shallallahu 'alaihi wassalam
dimasukkan ke dalam surga. Di dalamnya terdapatr
kubah mutiara dan tanahnya, adalah misk (kasturi).
Kemudian Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam turun
(ke bumi), dan tiba di Mekah kembali ketika masih
petang remang-remang, dan kemudian menunaikan
sholat Subuh.
[Shalat masa makiyah selama 3 tahun]
Beliau ketika itu menunaikan sholat ruba'iyah (berokat
empat) dengan hanya dua rokaat saja hingga beliau
berhijrah ke Madinah. Setelah hijrah, dua rokaat itu
ditetapkan sebagai jumlah rokaat ketika safar, sementara
ketika tidak safar rokaatnya ditambahkan (menjadi empat
rokaat).
[Hijrah ke Madinah]
Alloh 'azza wa jalla memerintahkan Nabi-Nya,
Muhammad shallallahu 'alaihi wassalam untuk hijrah ke
Madinah, karena orang-orang Mekah menghalangi beliau
melakukan dakwah, pada bulan Robi'ul Awwal tahun ke
13 dari kenabian.
Nabi tiba di kota Madinah sebagai seorang muhajir
(orang yang hijrah, pendatang) dari Mekah yang
merupakan negeri pertama yang turun wahyu (untuk
beliau) dan negeri yang dicintai oleh Alloh dan RosulNya.
Beliau keluar dari Mekah sebagai muhajir dengan izin Robbnya, setelah sebelumnya tinggal di Mekah
selama tiga belas tahun menyampaikan risalah Robbnya
dan menyeru kepada-Nya berdasarkan bashirah (Visi,
keyakinan, dan ilmu; hujah yang nyata). Beliau tidak
mendapatkan sesuatu dari kebanyakan kaum Quroisy dan
pembesar-pembesar mereka melainkan penolakan
terhadap dakwah serta keberpalingan darinya, di samping
tindakan mereka yang sangat menyakitkan terhadap
Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam dan terhadap
siapa saja yang beriman pada beliau. Sampai-sampai
mereka melakukan langkah dan tipu daya untuk
membunuh Nabi shallallahu 'alaihi wassalam. Ini diawali
dengan temuan yan diadakan oelh para pembesar mereka
yang hendak mereka lakukan terhadap Rosululloh,
tatkala mereka melihat para sahabat belikau berhijrah ke
Madinah. Dan beliau ikut bersama mereka (para sahabat)
itu untuk mendapatkan pertolongan dan bantuan dari
kaum Anshor yang memang telah membaiat beliau untuk
memberikan perlindungan kepada beliau sebagaimana
memberikan perlindungan kepada anak-anak dan wanitawanita
mereka. Mulai saat itu pula, beliau mempunyai
daulah (pemerintahan) untuk menghadapi kaum Quroisy.
Maka si musuh Abu Jahal mengedepankan gagasan
dengan mengatakan, “kita harus mengambil dari setiap
kabilah seorang pemuda yang perkasa, kemudian masingmasing
kita beri pedang yang tajam agar mereka mencari
Muhammad untuk menebasnya dengan pedang itu dan
membunuhnya, sehingga Bani 'Abdi Manaf (keluarga
besar Nabi shallallahu 'alaihi wassalam) tidak akan bisa
memerangi kaum mereka, namun justru akan setuju menerima diyat (denda ganti rugi atas kematian
Muhammad) dan kita berikan diyat itu kepadanya.”
Namun Alloh memberitahukan kepada Nabi-Nya
shallallahu 'alaihi wassalam tentang apa yang diinginkan
oleh orang-orang musyrik itu dan mengizinkan beliau
untuk berhijrah. Abu Bakar sejak sebelumnya bahkan
telah bersiap-siap untuk hijrah, namun Nabi shallallahu
'alaihi wassalam selalu berkata kepadanya “Perlahanlah!,
Aku berharap kiranya aku mendapat izin (dari Alloh).”
Akhirnya Abu Bakar sengaja tertinggal untuk menemani
Nabi shallallahu 'alaihi wassalam. Aisyah bercerita
“Tatkala kami sedang berada di rumah Abu Bakar di
pertengahan siang, tiba-tiba Rosululloh shallallahu 'alaihi
wassalam berada di depan pintu dengan mengenakan
cadar. Abu Bakar berkata, “Untuk beliau, Ayah dan
ibuku adalah sebagai tebusannya. Demi Alloh, tiadalah
yang beliau bawa saat ini melainkan 'perintah'”. Nabi pun
masuk ke dalam rumah dan berkata kepada Abu Bakar,
“Aku akan keluar (hijrah) dari tempatmu ini”, Abu Bakar
berkata, “Demi ayahku, engkau dan ibuku, mereka (kaum
Quroisy) adalah keluarga engkau sendiri”. Nabi
shallallahu 'alaihi wassalam berkata, “Aku telah diizinkan
keluar”. Abu Bakar lantas berkata, “Perlu ditemani, ya
Rosululloh?” Beliau menjawab, “Ya!” Abu Bakar
berkata, “Ya Rosululloh, ambillah salah satu dari kedua
unta tungganganku ini”. Nabi shallallahu 'alaihi
wassalam berkata, “Ya, tapi saya beli saja!”
Kemudian Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam dan
Abu Bakar keluar, lalu tinggal di Gua Jabal Tsur selama tiga malam. Ikut pula menginap di situ mendampingi
keduanya, 'Abdullah bin Abu Bakar. Dia adalah seorang
pemuda yang brilian dan penuh perhatian. Pada
penghujung malam, ia berangkat kembali ke Mekah
sehingga pada pagi harinya ia sudah berada di tengahtengah
kaum Quroisy. Tak satu pun berita tentang Nabi
shallallahu 'alaihi wassalam dan sahabat beliau (yang
dibicarakan oleh mereka) yang luput dari rekamannya.
Kemudian beritu itu ia bawa kepada keduanya ketika hari
telah mulai gelap. Kaum Quroisy mulai mencari-cari
Nabi shallallahu 'alaihi wassalam dari segala arah dan
berupaya keras, segala sarana untuk mendapatkan Nabi
shallallahu 'alaihi wassalam, sampai-sampai mereka
membuat sayembara bagi siapa saja yang bisa membawa
keduanya (Nabi dan Abu Bakar), atau membawa salah
seorang darinya, akan menerima imbalan seratus ekor
unta. Akan tetapi, Alloh menyertai dan menjaga
keduanya, dengan memberikan perhatian dan penjagaan
secara langsung. Sehingga ketika orang-orang Quroisy
telah berada di depan pintu gua itu, mereka tidak melihat
keduanya. Abu Bakar bercerita : Aku berkata kepada
Nabi shallallahu 'alaihi wassalam ketika kami di dalam
gua itu, “Seandainya salah seorang saja dari mereka
memandang kedua telapak kakinya, tentu ia akan melihat
kita”. Lalu Nabi shallallahu 'alaihi wassalam pun
bersabda :
“Janganlah bersedih! Sesungguhnya Alloh menyertai
kita. Apa pikirmu, wahai Abu Bakar, tentang dua orang,
di mana yang ketiganya adalah Alloh!”. (HR. Bukhari dalam Kitab Fadhail Shahabah, HR. Muslim dalam Kitab
Fadhail Shahabah)
Sehingga ketika pencarian terhada keduanya
diistirahatkan sebentar, keduanya pun keluar dari gua itu
menuju Madinah melalui jalan tepi, setelah tinggal tiga
malam di gua itu.
Ketika orang-orang yang berada di Madinah, baik dari
kalangan Muhajirin maupun Anshor, mendengar
keluarnya Rosululloh shallallahu 'alaihi wassalam
menuju tempat mereka, maka mereka pun setiap pagi
keluar menuju tempat berbatu untuk menanti kedatangan
Rosululloh bersama seorang sahabatnya sampai mereka
diusir oleh terik matahari. Pada hari tibanya Rosululloh
shallallahu 'alaihi wassalam sementara hari sudah sangat
siang dan panasnya luar biasa, mereka yang menantinanti
itu telah pulang ke rumah mereka masing-masing.
Ternyata salah seorang dari bangsa Yahudi naik pada
salah satu benteng kota Madinah untuk keperluan, dan
akhirnya ia melihat Rosululloh shallallahu 'alaihi
wassalam dan sahabatnya datang yang lenyap (tak
terlihat) karena fatamorgana. Orang Yahudi ini tidak
kuasa menahan untuk memanggil dengan teriakan
suaranya setinggi-tingginya, “Wahai sekalian bangsa
Arab! Inilah keberuntungan dan kemuliaan kalian
(Muhammad) yang kalian tunggu-tunggu!” Maka kaum
muslimin pun bergegas untuk menemui (menyambut
kedatangan) Rosululloh dengan membawa senjata,
sebagai ta'zhim dan penghormatan kepada Rosululloh,
serta pernyataan atau tanda kesiapan mereka untuk berjihad dan membela beliau. Akhirnya mereka bertemu
dengan beliau di atas tanah berbatu hitam, lalu beliau
berhenti dan singgah di Bani 'Amru bin 'Auf, di beberapa
malam, dan beliau pun berhasil membangun masjid.
Selanjutnya beliau melanjutkan perjalanan ke Madinah
dengan disertai sahabat-sahabat tersebut, dan yang
lainnya menemui beliau di jalanan (untuk ikut menyertai
beliau). Abu Bakar mengisahkan, “ketika kami tiba di
Madinah, orang-orang tua, anak-anak maupun para
pembantu. Mereka mengucapkan, “Allohu Akbar, (Alloh
Maha Besar), Rosululloh telah datang! Allohu Akbar,
Muhammad telah datang!”
Landasan Ketiga (2). Mengenal Nabi: Periode Makiyah dan Seruan utamanya
Reviewed by suqamuslim
on
03.13
Rating:
Tidak ada komentar: